Selasa, 19 Januari 2016

Proposal Bisnis Mie Ayam Jamur

PROPOSAL USAHA
“ MIE AYAM JAMUR BP”
TUGAS:
Kewirausahaan
Seksi : 22

Diajukan Oleh :
Bagus Prasetyo                      2012 – 11 – 239


PROGRAM STUDI S-1 MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS ESA UNGGUL
JAKARTA
2016



DAFTAR ISI
DAFTAR ISI ……………………………………………………                2
KATA PENGANTAR …………………………………………                4
BAB    I           PENDAHULUAN………………………………                5
A.                Latar Belakang …………………………...                5
B.                 Visi dan Misi ……………………………..                5
1.                  Visi ……………………………….                5
2.                  Misi ……………………………….               6
C.                 Data Perusahaan …………………………..              6
D.                Nama Pemilik dan Alamat Pemilik ………                6
E.                 Konsep Usaha …………………………….               6
BAB  II           ASPEK PASAR DAN PEMASARAN ………...              8
A.                Aspek Pasar ………………………………               8
1.      Gambaran Umum Pasar Dan Sasaran…               8
2.      Jenis Dan Produk Yang Dipasarkan ….               8
3.      Target Pasar …………………………..               8
4.      Pesaing ……………………………….                8
B.                 Aspek Pemasaran …………………………               9
1.                  Promosi …………………………...               9
2.                  Langkah Promosi …………………               9
3.                  Analisis SWOT …………………...              
BAB III          ASPEK PRODUKSI ……………………………               11
A.                Produk ……………………………………               11
B.                 Jenis Produk …………………………….                 11
C.                 Bahan Baku ……………………………..                 11
BAB  IV         ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN.                 14
A.                Struktur Organisasi ……………………                    14
BAB   V          ASPEK FINANSIAL ……………………….                     16
A.                Biaya Tetap dan Biaya Variabel ……                        16
B.                 Penetapan Harga Jual ………………                         16
C.                 Estimasi Pendapatan ………………..                        17
D.                Estimasi Laba ……………………….                        17
E.                 Estimasi Cash Flow …………………                       18
BAB  VI         PENUTUP …………………………………                        19
A.                Kesimpulan ………………………..                         19













KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa kami dapat menyelesaikan tugas pembuatan proposal kewirausahaan tentang “ Mie Ayam Jamur BP” dengan lancar. Dalam pembuatan makalah ini, kami mendapat bantuan dari berbagai pihak, maka pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada guru mata kuliah Kewirausahaan yang telah memberikan kesempatan dan memberi fasilitas sehingga proposal usaha ini dapat selesai dengan lancar. Ibu dan Ayah dirumah yang telah memberikan bantuan materil maupun do’anya, sehingga pembuatan proposal usaha ini dapat terselesaikan. Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang membantu pembuatan proposal usaha ini.
Akhir kata semoga proposal usaha ini bisa bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan kami pada khususnya, kami menyadari bahwa dalam pembuatan proposal usaha ini masih jauh dari sempurna untuk itu penulis menerima saran dan kritik yang bersifat membangun demi perbaikan kearah kesempurnaan. Akhir kata kami sampaikan terimakasih.

Jakarta, 14 Januari 2016


Penulis
BAB   I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Seiring bertambahnya jumlah penduduk, maka bertambah pula kebutuhan manusia akan pangan, sandang dan papan. Melihat keadaan ini membuka peluang bagi produsen untuk membuka sebuah usaha baru dalam produk makanan. Selain itu juga banyaknya bahan baku yang melimpah dan mudah diperoleh memunculkan sebuah ide untuk membuka usaha “Mie Ayam Jamur BP”.  Usaha Mie ayam merupakan bisnis yang cukup menjanjikan, terutama untuk usaha mie gerobak dan kios. Indikasinya terlihat dari tumbuhnya usaha ini setiap tahunnya, di mana kita melihat semakin banyaknya orang yang berwirausaha di bidang ini. Kita juga melihat semakin banyaknya variasi dari usaha mie ayam ini. Kita mengenal banyak sekali olahan dari mie. Ini menunjukan gairah usaha mie ayam menjanjikan. Menurut beberapa pengusaha mie ayam, peluang usaha ini masih terbuka lebar mengingat banyaknya penggemar mie ayam. Walaupun banyak saingan usaha ini masih cukup menggiurkan salah satu kuncinya adalah bagaimana membuat resep mie ayam yang enak. Selain itu pengaruh tempat juga menentukan. Dengan pengelolaan yang baik usaha ini akan berjalan dengan sukses.
B.     Visi dan Misi
1.      Visi
Menciptakan produk mie ayam yang berkualitas, sehat, bergizi dan disukai oleh masyarakat dari kalangan bawah hingga kalangan atas.
2.      Misi
Menjadi produk mie ayam yang unggul  dan membuka cabang yang besar di Jakarta.
C.    Data Perusahaan
1.      Nama Usaha
            Usaha ini dibentuk dengan nama “ Mie Ayam Jamur BP”  Nama tersebut dibuat berdasarakan ide dan pemikiran sendiri.
2.      Tempat Usaha
Usaha ini akan bertempat di Jalan Terate No. 33Q RT. 008 Rw. 03 Kelurahan Jembatan Lima Kecamatan Tambora. Waktu operasional dilaksanakan pada senin sampai dengan minggu dari jam 15.00 – 22.00
D.    Nama Pemilik Dan Alamat Pemilik
Nama                                       : Bagus Prasetyo
Alamat                                    : Jalan Terate No. 33Q
E-mail                                      :BagusPrasetyo707@gmail.com
No. Tlp                                    : 081315797235
E.     Konsep Usaha
                  “Mie Ayam Jamur BP” adalah konsep warung ini di dasarkan pada makanan/jajanan mie yang di olah dengan bahan-bahan pilihan dan bercita rasa tinggi. Dengan rasa yang Khas, Gurih, Lezat dan terkesan elegan apabila membeli Mie Ayam  ini maka dapat dikatakan Mie Ayam Produk kami adalah produk Mutu dari Produk sejenis yang ada di pasar.  Warung mie ayam ini menawarkan berbagai menu pilihan yang menggugah selera bagi para penikmatnya dan warung mie ayam ini menyediakan Hot Spot untuk membuat nyaman para pembeli.




  
















BAB  II
ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
A.    Aspek Pasar
1.      Gambaran Umum Pasar Dan Sasaran
Usaha penjualan “Mie Ayam jamur BP” ini merupakan usaha kecil yang dijalankan untuk sementara sebagai batu loncatan. Jika usaha ini berhasil atau sukses dan dapat mencapai tujuan yang kita harapkan, maka kami akan memperbesar usaha ini dengan membuka cabang-cabang.
2.      Jenis Dan Produk Yang Dipasarkan
Produk yang kami pasarkan merupakan berbagai jenis mie ayam dengan campuran jamur dan minuman yang dapat memuaskan para penikmatnya
3.      Target Pasar
Produk “Mie Ayam Jamur BP” ini bisa dinikmati oleh berbagai kalangan mulai dari kalangan bawah hingga kalangan atas dapat menikmati produk ini karena menggunakan bahan-bahan yang alami dan berkualitas.
4.      Pesaing
untuk saat ini kami mempunyai beberapa pesaing. Pengaruh pesaing terhadap penjualan mie ayam saya agak sedikit berpengaruh karena pesaing saya sudah terlebih dahulu berjualan mie ayam dan juga tempat berjualannya yang cukup strategis sehingga banyak orang yang melakukan aktifitas disekitar ditempat tersebut sering berkunjung dan membeli mie ayam mereka.
B.     Aspek Pemasaran
1.      Promosi
                 Promosi yang akan kami lakukan dengan menyebarkan brosur tempat-tempat ramai dan menyebarkannya di sosial media seperti Facebook, Twitter, BBM, Blogger dan lain-lain. Pada bulan-bulan pertama kami juga akan memberikan diskon berupa potongan harga kepada para konsumen, agar para konsumen tertarik terhadap produk kami dan dapat berkunjung kembali.
2.      Langkah Promosi
Pada permulaan kami akan mencoba memberikan potongan harga pada konsumen dan terus mempertahankan citarasa yang kami punya dan selalu berinovasi.
3.      Analisis SWOT
Setiap kegiatan untuk memulai usaha, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengukur kemapuan kami terhadap lingkungan atau pesaing, yaitu melalui analisis SWOT:
1.      Strength (Kekuatan)
a.       Rasanya enak dan unik
b.      Memiliki angka kecukupan gizi yang tinggi
c.       Dapat disukai oleh semua kalangan
d.      Harga terjangkau oleh semua kalangan
e.       Bahan bakunya terjangkau dan mudah diperoleh
f.       Cara pembuatannya mudah
2.      Weakness (Kelemahan)
a.       Tidak tahan lama
b.      Banyak saingan
c.       Belum mempunyai cabang
d.      Kurang modal untuk memulai usaha
e.       Harga bahan baku yang tidak stabil
3.      Oppoturnity (Peluang)
a.       Penjualan “Mie Ayam Jamur BP” memiliki peluang yang cukup besar karena selain  memiliki cita rasa yang enak dan unik juga memiliki kandungan gizi yang memadai.
b.      Memiliki lokasi yang strategis karena terletak di persimpangan jalan yang banyak dilalui oleh banyak orang.
4.      Treath (Ancaman)
a.       Banyak memiliki pesaing selain dari pedagang mie ayam lain
sendiri juga dari pesaing makanan sejenis seperti bakso dan soto.
b.      Dalam memproduksi “Mie Ayam Jamur BP” memungkinkan pihak lain mencuri resep ataupun ide usaha yang telah dikembangkan.
c.      Harga bahan baku yang sewaktu-waktu bisa naik dapat menyebabkan kenaikan harga bahan baku yang mungkin dapat mengurangi pembeli.
BAB III
ASPEK PRODUKSI
A.    Produk
Produk yang kami jual berupa mie ayam yang dipadu dengan jamur dengan kualitas dan cita rasa yang khas dan segala jenis minuan segar.
B.     Jenis Produk
Jenis produk yang ada pada “Mie Ayam Jamur BP” terdiri dari makanan dan minuman. Adapun daftar menunya adalah sebagai berikut :
·                     Makanan
-          Mie ayam jamur original
-          Mie ayam jamur pangsit
-          Mie ayam jamur baso
-          Mie ayam jamur special
·                     Minuman
-          Air Mineral botol
-          Es Teh manis
-          Aneka Jus Buah
-          Soft Drink
C.    Bahan Baku
Bahan yang digunakan untuk membuat produk “ Mie Ayam Jamur BP” adalah:
·                     Bahan untuk membuat Mie :
-           1 kg tepung terigu
-           10 gr garam
-          6-10 gr garam alkali
-           250 gr tepung tapioca
-          380 gr air
·                     Bahan untuk membuat Minyak ayam :
-          1000 ml minyak sayur
-          250 gr kulit atau lemak ayam
-          10 siung bawang putih, memarkan
-            ½ sendok teh lada halus
-          - ½ sendok teh ketumbar halus
·                     Bahan untuk membuat Kaldu :
-           200 ml air
-           2 lembar daun seledri, iris
-          Tulang ayam cuci dan memarkan
·                     Bahan untuk membuat Tumis ayam :
-          250 gr daging ayam
-          2 ruas jahe
-          1 sendok teh lada bubuk
-          10 sendok makan minyak sayur
-           5 sendok makan kecap asin
-          5 sendok makan kecap manis
-          ½ sendok teh garam
-          3 siung bawang putih
-          1 gelas air
·                     Bahan untuk pelengkap mie ayam :
-          Caisim
-          Sawi putih
-          Toge panjang
-          Pangsit
-          Jamur
-          Bakso















BAB  IV
ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN
A.    Struktur Organisasi
Adapun susunan organisasi pada “ Mie Ayam BP” adalah sebagai berikut:
 










·         Pemilik sebagai manajer yang tugasnya mengawasi seluruh bagian yang ada di “ Mie Ayam Jamur BP”
·         Chef sebagai penanggung jawab dalam melakukan produksi mie ayam
·         Waitress melayani kebutuhan konsumen dalam pemesanan










BAB   V
ASPEK FINANCIAL
A.    Biaya Tetap Dan Biaya Variabel
Nama barang
Unit
Harga
Sewa Tempat
4 thn
Rp. 5.000.000
Kursi, meja, lemari     
1
Rp. 3.000.000
Penggiling mie
3
    Rp    1.000.000,-

Kompor gas
3
Rp    1.200.000
Peralatan memasak lainnya
1
  Rp    1.500.000,-
Peralatan makan-minum
1
Rp    1.000.000
Kulkas            
1
  Rp    1.500.000,-
Total Biaya Tetap
Rp. 14. 200.000
*beban depresiasi diasumsikan mempunyai Nilai ekonomis selama 4 tahun dengan beban depresiasi sebesar Rp. 295.833 perbulan atau Rp. 3.550.000 per tahun                         
Biaya Variabel (Variable Cost) per bulan
Gaji karyawan
Rp      5.000.000
Listrik, Air dll
Rp.      400.000
Tepung terigu
Rp       600.000,-
Tepung tapioca           
Rp       300.000,-
Minyak sayur
Rp       400.000,-
Daging ayam  
Rp       600.000,-
Kecap asin      
Rp       100.000,-
Kecap manis   
Rp       100.000,-
Caisim
Rp       200.000
Jamur              
Rp       200.000
Toge panjang
Rp       200.000
Aneka macam buah+teh+softdrink
Rp      400.000,-
Es Batu          
Rp      150.000,-
Susu   
Rp      150.000,-
Gula
Rp      200.000,-
Gas                 
Rp      400.000,-
Plastik, sedotan, dll    
Rp      250.000,
Total Biaya Variabel
Rp   10.150.000,-
Total per porsi
Rp. 8.458.33
Keterangan : biaya tersebut dapat menghasilkan 1200 porsi Mie ayam
v              Asumsi produksi 1200/bln dan beban gaji karyawan sebesar Rp. 4.000.000/bln maka Harga pokok produksi :
HPP                 = (1200 x Rp.8.458) + Rp. 4.000.000
                                                1200
                        = Rp. 11.791 per porsi

B.     Penetapan Harga Jual
Profit Margin yang diharapkan adalah 15% pada setiap porsinya sehingga profit yang diharapkan untuk tiap porsi adalah :
Profit “ Mie Ayam jamur BP”                        = Profit Margin x HPP
                                                                        = 15% x Rp. 11.791
                                                                        = Rp. 1768,65


Sehingga Harga Jual Untuk tiap Porsinya :
Harga Jual                   = Profit + HPP
                                                            = Rp. 1768.65+ Rp. 11.791
                                                            = Rp. 13.559.65
                        Digenapkan                 = Rp. 13.500
C.    Estimasi Pendapatan per Tahun
Keterangan
Satuan
Unit
Harga
Pendapatan per bulan
Pendapatan per tahun
Bakmi Ayam Jamur
porsi
1200
Rp. 13.500
Rp. 16.200.000
Rp. 194.400.000
Estimasi kenaikan penjualan pertahun 10%











Tahun
1
2
3
4

Estimasi total pendapatan per tahun
Rp. 194.400.000
Rp. 213.840.000
Rp. 235.224.000
Rp. 258.746.400



D.    Estimasi Laba Per Tahun
Keterangan
Tahun 1
Tahun 2
Tahun 3
Tahun 4
Penjualan
Rp. 194.400.000
Rp. 213.840.000
Rp. 235.224.000
Rp. 258.746.400
Biaya:




Fixed Cost
Rp. 14.200.000
Rp. 14.200.000
Rp. 14.200.000
Rp. 14.200.000
Variable Cost
Rp.121.800.000
Rp. 133.980.000
Rp.147.378.000
Rp.162.115.800





Gross Margin
Rp.58.400.000
Rp.65.660.000
Rp.73.646.000
Rp.82.430.600


E.     Estimasi Cash flow per tahun
KETERANGAN
tahun
0
tahun
1
tahun
2
tahun
3
Tahun
4
SETORAN AWAL INVESTASI
   136.000.000




HARGA JUAL

               13.500
13.500
13.500
13.500
PENJUALAN (UNIT)

               14400
        15840      
17424
19166.4
PENJUALAN (RP)

194.400.000
213.840.000
235.224.000
258.746.400






FIX COST

14.200.000
14.200.000
14.200.000
14.200.000
VARIABEL COST

121.800.000

133.980.000

147.378.000

162.115.800
TOTAL COST

136.000.000
     148.180.000
161.578.000
176.315.800    
GROSS MARGIN

58.400.000
     65.660.000
73.646.000
82.430.600






TAX 10%

5.840.000
6.566.000
7.364.600            
8.243.060        
EAT

52.560.000
59.094.000
66.281.400
74.187.540















BAB VI
PENUTUP
A.    Kesimpulan

Menurut kami usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Kami sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orang–orang yang mempunyai kualitas dalam menjalankan setiap pekerjaan. Kami sadar bahwa usaha ini tak akan langsung berkembang pesat tapi kami akan terus berjuang untuk terus menjalankan dan mengembangkan usaha ini.

1 komentar:

  1. artikelnya menyajikan pembahasan yang sangat lengkap, sehingga banyak membantu pembaca dalam memahami dan menambah wawasan seputar usaha mie ayam. terimakasih..
    Aplikasi Kasir Warung

    BalasHapus